Umum
- Ananda sedang mengikuti pembelajaran PPKn VII kerjakan sesuai petunjuk yang tersedia disetiap pertemuan!
Selamat belajar dan tetap semangat!!!.....
Pendahuluan:
· Salam, doa (PPK religius) pengondisian siswa dan apersepsi melalui video motivasi bealajar diawal tahun pembelajaran
Kegiatan Inti:
Berupa INTRUKSI pada E-learning
· Siswamengamati video atau gambar tentang sidang BPUPKI I
· Siswa membuat 3 pertanyaan berdasarkan video tersebut
1. Peristiwa apa yang terjadi sesuai gambar atau video
2. Kapan BPUPKI dibentuk? Siapa saja anggota BPUPKI?
3. Apa tujuan pembentukan BPUPKI?
4. Kapan sidang BPUPKI
· Setelah membuat 3 pertanyaan siswamembaca artikel yang disiapkan (literasi /Reading)
· Siswa melakuk ananalisis SWOT (Critical thinking)untuk mengkaji masalah proses perumusan Pancasila sebagai dasar negara di LKS yang sudah disiapkan di live worksheet
Kegiatan penutup:
· Tanya jawab, menyimpulkan materi pelajaran dan refleksi pembelajaran
Doa dan salamPendahuluan:
· Salam, doa (PPK religius) pengondisian siswa dan apersepsi melalui kuis tentang materi pada pertemuan sebelumnya
Kegiatan Inti:
Berupa INTRUKSI pada E-learning
· Siswamengamati ringkasan materi tentang tokoh-tokoh danusulan dasar negara
· Siswa membuat 3 pertanyaan berdasarkan video tersebut
1. Siapa saja tokoh yang mengusulkan Dasar Negara?
2. Bagaimana rumusan Dasar Negara yang diusulkan?
3. Apa perbedaan dan persamaan rumusan Dasar Negara yang diusulkan?
· Setelah membuat 3 pertanyaan siswamembaca artikel yang disiapkan (literasi /Reading)
· Siswa melakuk ananalisis SWOT (Critical thinking)untuk mengkaji masalah proses perumusan Pancasila sebagai dasar negara di LKS yang sudah disiapkan di live worksheet
Kegiatan penutup:
· Tanya jawab, menyimpulkan materi pelajaran dan refleksi pembelajaran
Doa dan salamPendahuluan:
· Salam, doa (PPK religius) pengondisian siswa dan apersepsi motivasi-motovasi semangat nasionalisme para pendiri negara
Kegiatan Inti:
Berupa INTRUKSI pada E-learning
· Siswamengamati PPT tentang kategori-kategori sikap-sikap positif dan buku siswa tentang pidato-pidato tokoh-tokoh perumus dasar negara dalam sidang BPUPKI pertama
· Siswa membuat 5 kesimpulan sikap yang dimilki oleh tokoh perumus dasar negara dan mempertanyakan sikap-sikap tersebut antara lain:
1. Sikap apa saja yang dimilki
2. Makna dari masing-masing sikap tersebut
3. Manfaat jika kita memilki sikap tersebu
· Setelah membuat 3 pertanyaan siswamembaca artikel yang disiapkan (literasi /Reading)
· Siswa melakuk ananalisis SWOT (Critical thinking)untuk mengkaji masalah proses perumusan Pancasila sebagai dasar negara di LKS yang sudah disiapkan di live worksheet
Kegiatan penutup:
· Tanya jawab, menyimpulkan materi pelajaran dan refleksi pembelajaran
Doa dan salamPendahuluan:
Salam, doa (PPK religius) pengondisian siswa dan apersepsi tanya jawan materi pada pertemuan sebelunya
Kegiatan Inti:
Berupa INTRUKSI pada E-learning
· Siswamengamati biografi tokoh-tokoh perumus dasar negara
· Siswa membuat memilih salah satu sikap/ keteladana yang dimiliki para perumus dasar negara mempertanyakan sikap-sikap tersebut antara lain:
1. Sikap apa tersebut
2. Makna sikap tersebut
3. Sikap yang harus dilakukan siswa sesuai sikap yang dimilki para pendiri negara sesuai keteladanan tokoh yang ananda pilih
· Setelah membuat 3 pertanyaan siswamembaca artikel yang disiapkan (literasi /Reading)
· Siswa melakuk ananalisis SWOT (Critical thinking)untuk mengkaji masalah proses perumusan Pancasila sebagai dasar negara di LKS yang sudah disiapkan di live worksheet
Kegiatan penutup:
· Tanya jawab, menyimpulkan materi pelajaran dan refleksi pembelajaran
Doa dan salam