Topic outline
- General
- Topic 1
Topic 1
Pendahuluan:
· Salam, doa (PPK religius) pengondisian siswa dan apersepsi motofasi belajar diawal pembelajaran
Kegiatan Inti:
Berupa INTRUKSI pada E-learning
· Siswamengamati video atau gambar tentang penerapan pancasila pada masa orde lama, baru dan reformasi
· Siswa membua minimal 3 pertanyaan berdasarkan video tersebut
- Peristiwa apa yang terjadi pada masa orde lama baru dan reformasi?
- Kapan terjadinya orde lama baru dan reformai?
- Siapa yang berperan pada masa pemerintahan orde lama orde baru dan reformasi?
- Setelah membuat 3 pertanyaan siswamembaca artikel yang disiapkan (literasi /Reading)
· Siswamelakukananalisis SWOT (Critical thinking)penerapan pancasila dari masa ke masa LKS yang sudah disiapkan di liveworksheet
Kegiatan penutup:
· Tanya jawab, menyimpulkan materi pelajaran dan refleksi pembelajaran
Doa dan salam
- Topic 2
Topic 2
Pendahuluan:
· Salam, doa (PPK religius) pengondisian siswa dan apersepsi tanya jawab pertanyaan materi pada pertemuan sebelumnya
Kegiatan Inti:
Berupa INTRUKSI pada E-learning
· Siswa membaca ringkasan materi tentang penerapan pancasila pada masa orde lama, baru dan reformasi
· Siswa membuat analisis tentang keunggulan dan kelemahan dari masing-masing era pertanyaan tersebut memuat:
- Keunggulan dan kelemahan pada masa orde lama?
- Keunggulan dan kelemahan pada masa orde baru?
- Keunggulan dan kelemahan pada reformasi?
- Setelah membuat 3 pertanyaan siswamembaca artikel yang disiapkan (literasi /Reading)
· Siswamelakukananalisis SWOT (Critical thinking) keunggulan dan kelemahan penerapan pancasila
dari masa ke masa LKS yang sudah disiapkan di liveworksheet
Kegiatan penutup:
· Tanya jawab, menyimpulkan materi pelajaran dan refleksi pembelajaran
Doa dan salam
- Topic 3
Topic 3
Pendahuluan:
· Salam, doa (PPK religius) pengondisian siswa dan apersepsi tanya jawab pertanyaan materi pada pertemuan sebelumnya
Kegiatan Inti:
Berupa INTRUKSI pada E-learning
· Siswa mengamati berbagai berita tentang kebijakan pemerintah membaca materi tentang video tentang nilai-nilai Pancasila
· Siswa membuat analisis tentang makna nilai Pancasila dan berbagai kebijakannya sesuai sila 1-5
· Siswamelakukananalisis SWOT (Critical thinking) tentang makna nilai-nilai pancasila serta kebijakan pemerintah yang sesuai nilai-nilai Pancasila sesuai petunjuk di LKS yang sudah disiapkan di liveworksheet
Kegiatan penutup:
· Tanya jawab, menyimpulkan materi pelajaran dan refleksi pembelajaran
Doa dan salam
- Topic 4
Topic 4
Pendahuluan:
· Salam, doa (PPK religius) pengondisian siswa dan apersepsi tanya jawab pertanyaan materi pada pertemuan sebelumnya
Kegiatan Inti:
Berupa INTRUKSI pada E-learning
· Siswa mengamati berbagai berita tentang kebijakan pemerintah membaca materi tentang nilai-nilai Pancasila
· Siswa membuat analisis tentang makna kebijakan pemerintah pusat atau daerah dalam bidang ekonomi, politik, sosial pertahanan dan keamanan
· Siswamelakukananalisis SWOT (Critical thinking) tentang kebijakan pemerintah pusat atau daerah dalam bidang ekonomi, politik, sosial pertahanan dan keamanan sesuai petunjuk di LKS yang sudah disiapkan di liveworksheet
Kegiatan penutup:
· Tanya jawab, menyimpulkan materi pelajaran dan refleksi pembelajaran
Doa dan salam
- Topic 5
- Topic 6