Topic outline
- General
- TEKS DESKRIPSI
TEKS DESKRIPSI
SEKENARIO PEMBELAJARAN
ALOKASIWAKTU
Pendahuluan:
· (PPK religius) peserta didik berdoa terlebih dahulu saat membuka e-learning memulai apersepsi melalui tayangan sebuah lagu deskripsi “Rayuan Pulau Kelapa”
Kegiatan Inti:
- Peserta didik mengamati Video Lagu tentang “Rayuan Pulau Kelapa” (PKK Cinta Bangsa dan Negara) dan mencermati klip video dengan cermat.
- Peserta didik membuat 3 pertanyaan dalam chat berdasarkan video tersebut.
· Peserta didik mendiskusikan pertanyaan yang yang disampaikan oleh peserta didik dan guru.
- Apa hubungan antara lagu “Rayuan Pulau Kelapa dengan teks deskripsi?
- Deskripsi apa saja yang ada dalam video lagu “Rayuan Pulau Kelapa” tersebut?
· Peserta didik mengamati media Rekam Tangkap Layar Teks Deskripsi yang disajikan dalam e-learning.
· Peserta didik mengamati dan membaca beberapa contoh teks deskripsi “Parang Tritis Nan Indah” (PPK-Cinta Alam Sekitar), “Ayah, Panutanku” (PPK-Cinta Orang Tua) dan “Si Bagas Kelinciku” (PPK-Cinta Lingkungan) yang disajikan guru melalui liveworksheet activity 1 teks deskripsi secara mandiri dan tanggung jawab (PPK Cinta Keunggulan)
· Peserta didik menganalisis pertanyaan dan menjawab (Critical Thinking) dalam menjawab soal pada Liveworksheet Activity 1.
- Peserta didik mengumpulkan informasi dan mendaftar informasi terkait ciri, tujuan aspek kebahasaan dan jenis teks deskripsi.s
- Peserta didik membaca berbagai sumber tentang teks deskripsi dan jenis penggunaannya.
Kegiatan penutup:
· Menyimpulkan materi pelajaran dan menutup e-learning dengan berdoa.
4’
5’
5’
5’
40’
1’
Ananda silahkan belajar tentang teks deskripsi, ya!
- Pengertian teks deskripsi
Teks deskripsi adalah sebuah paragraf dimana gagasan utamanya disampaikan dengan cara menggambarkan secara jelas objek, tempat, atau peristiwa yang sedang menjadi topik kepada pembaca. Sehingga pembaca seolah-olah merasakan langsung apa yang sedang diungkapkan dalam teks tersebut.
- Jenis teks deskripsi
Ditinjau dari bentuknya teks deskripsi dibedakan menjadi dua kategori yaitu teks deskripsi berdiri sendiri sebagai teks dan teks deskripsi yang menjadi bagian teks lain (cerpen, novel, lagu, iklan, dll).
- Tujuan komunikasi teks deskripsi
Tujuan teks deskripsi menggambarkan objek dengan cara memerinci objek secara subjektif atau melukiskan kondisi objek dari sudut pandang penulis Teks deskripsi bertujuan menggambarkan/ melukiskan secara rinci dan penggambaran sekonkret mungkin suatu objek/ suasana/perasaan sehingga pembaca seakan-akan melihat, mendengar,mengalami apa yang dideskripsikan.
d. Jenis Pengembangan Deskripsi Bagian:
- Deskripsi bagian berdasarkan ruang
Berisi perincian bagian-bagian ruang objek yang dideskripsikan. Misalnya, penulis mendeskripsikan bagian pintu masuk, bagian tengah, bagian belakang). Perincian ruang juga dapat menyebut nama ruang-ruang dan ciri-cirinya.
- Deskripsi bagian berdasarkan anggota bagian- bagian objek
Berisi perincian bagian-bagian yang dideskripsikan (pantai digambarkan bawah lautnya, bibir pantai, ombak dan pasirnya, pemandangan tumbuhan dan hewan pantai).
- Deskripsi bagian berdasarkan proses sesuatu berlangsung.
Berisi perincian bagian awal, mulai meningkat, puncak (inti), penutup. Misalnya, penulis mendeskripsikan awal pementasan, puncak adegan, mulai meluruh, dan penutup.
- Deskripsi bagian berupa pemfokusan
Berisi bagian yang paling disukai dari bagian yang dideskripsikan. Contoh: Bagian yang paling saya sukai dari perpustakaan ini adalah ruang bacanya. Desain unik dengan cat cerah memberikan kenyamanan yang luar biasa pada pengunjung.
Ananda bisa mendengarkan penjelasan pada chanel youtube berikut.
SEKENARIO PEMBELAJARAN
Pendahuluan:
· (PPK religius) Peserta didik berdoa saat mulai membuka e-learning dan apersepsi melalui gambaran literasi dan numerasi sesuai petunjuk yang ada di e-learning.
Kegiatan Inti:
- Peserta didik mengamati gambar “Saat Ngopi Jadi Tren Kaum Muda di Indonesia.” (4R-Reading)
- Peserta didik menganalisis gambar “Saat Ngopi Jadi Tren Kaum Muda di Indonesia.”
- Peserta didik menganalisis pertanyaan nomor 1 dan nomor 2 dan menelaah teks dengan soal Literasi berbasis HOTS
- Mencoba menjawab soal sesuai prespektif dan skemata peserta didik.
- Peserta didik berdiskusi dengan peserta didik lainnya dan guru melalui chat pada e-learning.
- Pendidik memberikan penguatan terhadap jawaban peserta didik.
- Peserta didik melanjutkan membaca teks “Modal di Bawah Rp 10 Juta, Pebisnis Kopi Ini Raup Ratusan Juta Per Bulan” dan menyelesaikan soal nomor 3 secara mandiri.
Kegiatan penutup:
· Tanya jawab, menyimpulkan materi pelajaran dan refleksi pembelajaran
· Doa dan salam
Ananda silahkan dibuka https://www.youtube.com/watch?v=Oc5eOGB8BJ0 untuk media pembelajaran tentang Literasi dan AKM berikut.
SEKENARIO PEMBELAJARAN
ALOKASIWAKTU
Pendahuluan:
· (PPK religius) peserta didik berdoa terlebih dahulu saat membuka e-learning memulai apersepsi melalui Refleksi pembelajaran pertemuan 1.
Kegiatan Inti:
· Peserta didik mengamati media Rekam Tangkap Layar Teks Deskripsi yang disajikan dalam e-learning.
· Peserta didik mengamati dan membaca beberapa contoh teks deskripsi “Tari Piring, Seni Budaya Khas Sumatera Barat” (PPK-Cinta Bangsa dan Negara).
· Peserta didik menganalisis pertanyaan dan menjawab (Critical Thinking) dalam menjawab soal pada Liveworksheet Activity 2.
- Peserta didik mengumpulkan informasi dan mendaftar informasi terkait ciri, tujuan aspek kebahasaan dan jenis teks deskripsi.
- Peserta didikmenalar dan menganalisis rincian informasi isi teks deskripsi dengan tepat.(HOTS)
- Peserta didik menentukan isi teks deskripsi sesuai dengan jenis teks deskripsi.
- Peserta didik membaca berbagai sumber tentang teks deskripsi dan jenis penggunaannya. (Literasi)
· Peserta didik mengkomunikasikan hasil pekerjaannya dan bertanya jawab melalui chat pada e-learning (4’C-Comunication)
- Pendidik memberikan pembetulan dan penguatan (konfirmasi) hasil analisis peserta didik dan memberi umpan balik pada akun e-learning masing-masing peserta didik.
Kegiatan penutup:
· Menyimpulkan materi pelajaran dan menutup e-learning dengan berdoa.
2’
1
5’
50’
2’
Ananda silahkan dibuka media pembelajaran pertemuan ke-3 ini, simak dengan baik! https://youtu.be/2ymyiJjMWGg
SEKENARIO PEMBELAJARAN
Pendahuluan:
· (PPK religius) Peserta didik berdoa saat mulai membuka e-learning dan apersepsi melalui gambaran literasi dan numerasi sesuai petunjuk yang ada di e-learning.
Kegiatan Inti:
- Peserta didik mengamati gambar “Promo Akhir Tahun.” (4R-Arithmetic & Reasoning)
- Peserta didik menganalisis gambar “Promo Akhir Tahun”
- Peserta didik menganalisis gambar menelaah teks dengan soal Numerasi berbasis HOTS
- Mencoba menjawab soal sesuai prespektif dan skemata peserta didik.
- Peserta didik berdiskusi dengan peserta didik lainnya dan guru melalui chat pada e-learning.(4’C-Comunication)
- Peserta didik mengharagai pendapat temannya (PPK-Cinta Sesama)
- Pendidik memberikan penguatan terhadap jawaban peserta didik.
Kegiatan penutup:
· Menyimpulkan materi pelajaran dan menutup e-learning dengan berdoa.
Ananda silahkan dibuka link media pembelajaran untuk pertemuan 4
https://www.youtube.com/watch?v=JtxBPT-Ye8g
Silahkan Ananda coba mengerjakan soal AKM Numerasi berikut dengan baik!
SEKENARIO PEMBELAJARAN
ALOKASIWAKTU
Pendahuluan:
· (PPK religius) peserta didik berdoa terlebih dahulu saat membuka e-learning.
Kegiatan inti:
· Peserta didik mengamati mendiskusikan susunan teks deskripsi yang disajikan secara acak bagian-bagiannya. (Literasi)
· Peserta didik menalar dan menyusun teks deskripsi “Gebyar Pementasan Tari Kolosal Ariah” (PPK_Cinta Tanah Air dan Bangsa) ke dalam susunan teks deskripsi yang tepat.(4R-Reasoning dan Creativ Thinking)
· Peserta didik mengasosiasikan dan mencocokkan susunan teks deskripsi dengan teks aslinya.
· Peserta didik kemudian melanjutkan untuk membaca teks “Pesona Pantai Senggigi” (PPK-Cinta Lingkungan).
· Peserta didik dengan bimbingan guru menelaah struktur isi dan bagian-bagian teks deskripsi serta kaidah kebahasaannya pada LKS (Activity 3)
· Peserta didik menyampaikan dan menanggapi hasil telaah tentang struktur isi dan bagian-bagian teks deskripsi serta kaidah kebahasaannya.
· Peserta didik bertanya jawab dan mengkomunikasikan hasil telaahnya melalui kolom chat pada e-learning. (Critical Thinking)
· Pendidik memberikan penguatan atas jawaban dan hasil telaah peserta didik melalui kolom umpan balik pada e-learning.
Kegiatan penutup:
· Pendidik dan peserta didik menyimpulkan materi pelajaran dan menutup e-learning dengan berdoa.(PPK religius)
2’
1
5’
50’
2’
Ananda silahkan buka media pembelajaran pada pertemuan ke-5 ini dengan link berikut. https://youtu.be/2ymyiJjMWGg
Silahkan Ananda kerjakan LKS Activity 5 berikut dengan cermat!
SEKENARIO PEMBELAJARAN
ALOKASIWAKTU
Pendahuluan:
· (PPK religius) Peserta didik berdoa saat mulai membuka e-learning dan apersepsi melalui gambaran literasi dan numerasi sesuai petunjuk yang ada di e-learning.
Kegiatan Inti:
- Peserta didik mengamati gambar “Barista, Bergengsi dan Bergaji Tinggi.” (4R-Arithmetic & Reasoning)
- Peserta didik menganalisis gambar “Barista Bergengsi dan Bergaji Tinggi.”
- Peserta didik membuat pertanyaan terkait dengan gambar dan teks yang disajikan oleh pendidik.
- Peserta didik menganalisis gambar dan menelaah teks dengan soal Literasi berbasis HOTS
- Mencoba menjawab soal sesuai prespektif dan skemata peserta didik.
- Peserta didik berdiskusi dengan peserta didik lainnya dan guru melalui chat pada e-learning.(4’C-Comunication)
- Peserta didik mengharagai pendapat temannya (PPK-Cinta Sesama)
- Pendidik memberikan penguatan terhadap jawaban peserta didik.
Kegiatan penutup:
· Menyimpulkan materi pelajaran dan menutup e-learning dengan berdoa.
2’
5’
50’
3’
Ananda silahkan disimak penjelasan materi tentang Literasi berikut ini dengan baik!
https://youtu.be/5usJBO0MX-U
SEKENARIO PEMBELAJARAN
ALOKASIWAKTU
Pendahuluan:
· (PPK religius) peserta didik berdoa terlebih dahulu saat membuka e-learning.
· Peserta didik mengamati beberapa contoh gambar objek wisata yang disajikan dalam youtube
yang disajikan di e-learning (PPK-Nasionalis)Kegiatan inti:
- Peserta didik memberikan umpan balik berupa pertanyaan terkait dengan video ”Pesona Jawa Timur” di kolom chat dan peserta lain memberikan komentar atas pertanyaan temannya. (4C-Comunication)
- Peserta membuka media PPT-Menulis Teks Deskripsi (Literasi-Baca Tulis)
- Peserta didik memilih gambar objek (tempat wisata) yang ditampilkan oleh pendidik untuk menulis teks deskripsi.
- Peserta didik menentukan sejumlah alternatif judul tentang objek dengan pilihan kata emotif yang dipilihnya.
- Peserta didik mendaftar kata-kata (kata yang bersifat indrawi, kata umum-khusus, menunjuk arah, bermajas, dan lain-lain) yang berkenaan dengan gambar objek “wisata yang ada di Indonesia” (PPK-Cinta Bangsa dan Negara)
- Peserta didik memerinci kondisi dan keadaan objek wisata tersebut.
- Secara mandiri peserta didik menuliskan kerangka deskripsi berdasarkan gambar/objek wisata yang telah dipilihnya.
- Peserta didik mendata minimal 10 kalimat deskripsi yang akan dikembangkan menjadi tulisan deskripsi.
- Peserta didik mengembangkan kalimat-kalimat itu menjadi paragraf deskripsi dengan kreatif (4C-Creative Thinking)
- Peserta didik menuliskan bagian identifikasi teks deskripsi sesuai dengan ciri umum identifikasi(4R-Writing)
- Peserta didik menuliskan paragraf klasifikasi (rincian bagian depan, bagian tengah, dan bagian belakang sekolah) secara rinci dan kreatif.
- Peserta didik mengkomunikasikan hasil telaahnya melalui kolom chat pada e-learning. (4C-Critical Thinking)
- Pendidik memberikan penguatan atas jawaban dan hasil telaah peserta didik melalui kolom umpan balik pada e-learning.
Kegiatan penutup:
- Pendidik dan peserta didik menyimpulkan materi pelajaran dan menutup e-learning dengan berdoa.(PPK religius)
5’
10’
40’
4
1’
Ananda dapat mendengarkan penjelasan tentang materi menulis teks deskripsi melalui link youtube berikut:
Silahkan Ananda kerjakan Liveworksheet berikut dengan teliti!
SEKENARIO PEMBELAJARAN
ALOKASIWAKTU
Pendahuluan:
· (PPK religius) Peserta didik berdoa saat mulai membuka e-learning dan apersepsi melalui gambaran literasi dan numerasi sesuai petunjuk yang ada di e-learning.
Kegiatan Inti:
- Peserta didik mengamati gambar “Barista, Bergengsi dan Bergaji Tinggi.” (4R-Arithmetic & Reasoning)
- Peserta didik menganalisis gambar “Barista Bergengsi dan Bergaji Tinggi.”
- Peserta didik membuat pertanyaan terkait dengan gambar dan teks yang disajikan oleh pendidik.
- Peserta didik menganalisis gambar dan menelaah teks dengan soal Literasi berbasis HOTS
- Mencoba menjawab soal sesuai prespektif dan skemata peserta didik.
- Peserta didik berdiskusi dengan peserta didik lainnya dan guru melalui chat pada e-learning.(4’C-Comunication)
- Peserta didik mengharagai pendapat temannya (PPK-Cinta Sesama)
- Pendidik memberikan penguatan terhadap jawaban peserta didik.
Kegiatan penutup:
· Menyimpulkan materi pelajaran dan menutup e-learning dengan berdoa.
2’
5’
50’
3’
Silahkan Ananda Kerjakan soal AKM berikut dengan analisis yang baik!
Silahkan Ananda simak terlebih dahulu media pembelajaran pada pertemuan ke-8 ini dengan baik! https://youtu.be/ulmHp2kjezI
- Topic 2
- Topic 3
- Topic 4