variasi dan kombinasi gerak spesifik pukulan backhand permainan bulutangkis
1. Pendahuluan.
Silahkan Ananda melakukan pemanasan seperti gerak pemanasan pada modul 2 pembelajaran 3 dengan aktivitas sebagai berikut:
a. Peregangan Statis.
Lakukan peregangan pasif terlebih dahulu, secara berurutan (dari anggota tubuh bagian atas lalu ke bawah, atau sebaliknya). Leher, lengan, punggung, tubuh bagian samping, tungkai. Regangkan otot secara perlahan, lakukan masing-masing 2x8 hitungan. Bergantian sisi kiri dan kanan. contoh gambar peregangan terdapat pada modul 2 pelajaran 1
b. Pemanasan Dinamis
Lakukan pemanasan secara dinamis
1) Jalan di tempat
Lakukan gerak jalan di tempat sebanyak 4 X 8 hitungan, hitungan dilakukan setiap sentuhan kaki kanan ke lantai
2) Lari di tempat biasa
Lakukan gerak lari di tempat sebanyak 4 X 8 hitungan, hitungan dilakukan setiap sentuhan kaki kanan ke lantai
3) Lari di tempat dengan mengangkat paha tinggi
Lakukan gerak lari di tempat sebanyak 4 X 8 hitungan, hitungan dilakukan setiap sentuhan kaki kanan ke lantai
4) Lari di tempat tumit menyentuh bokong
Lakukan gerak lari ditempat tumit menyentuh bokong sebanyak 4 X 8 hitungan, hitungan dilakukan setiap sentuhan kaki kanan ke lantai
Setelah Ananda melakukan rangkaian gerak pemanasan aktivitas berlanjut pada kegiatan inti
2. Inti
pada pembelajaran 3 Ananda melakukan pembelajaran dengan melakukan gerak sebagai berikut:
a. Gerak posisi pukulan back hand bawah tanpa bola
1) Amati gambar dengan seksama
2) Tanyakan jika terdapat hal-hal yang Ananda tidak pahami kepada Ayah/Ibu atau keluarga yang tinggal satu rumah, atau kepada Guru atau teman melalui telpon atau email atau media lain.
3) Ananda melakukan gerakan seperti dalam gambar dengan pengulangan delapan kali
4) Ananda dapat melakukan pembelajaran dengan menggunakan raket atau gulungan kertas atau benda lain yang sesuai
b. Gerak posisi pukulan backhand bawah tanpa bola
1) Amati gambar dengan seksama
2) Ananda melakukan gerakan seperti dalam gambar dengan pengulangan delapan kali
3) Ananda dapat melakukan pembelajaran dengan menggunakan raket atau gulungan kertas atau benda lain yang sesuai
c. Gerak memukul bola/shuttlecock ditempat
1) Amati gambar dengan seksama
2) Tanyakan jika terdapat hal-hal yang Ananda tidak pahami kepada Ayah/Ibu atau keluarga yang tinggal satu rumah, atau kepada Guru atau teman melalui telpon atau email atau media lain.
3) Ananda melakukan gerakan seperti dalam gambar dengan pengulangan delapan kali
4) Ananda dapat melakukan pembelajaran dengan menggunakan raket atau gulungan kertas atau benda lain yang sesuai.
5) Ananda dapat melakukan pembelajaran dengan menggunakan shuttlecock; shuttlecock bekas; gumpalan kertas bekas atau benda lain yang sesuai
d. Gerak posisi pukulan backhand bawah dengan bola shuttlecock
1) Amati gambar dengan seksama.
2) Tanyakan jika terdapat hal-hal yang Ananda tidak pahami kepada Ayah/Ibu atau keluarga yang tinggal satu rumah, atau kepada Guru atau teman melalui telpon atau email atau media lain.
3) Ananda melakukan gerakan seperti dalam gambar dengan pengulangan delapan kali
4) Ananda dapat melakukan pembelajaran dengan menggunakan raket atau gulungan kertas atau benda lain yang sesuai.
5) Ananda dapat melakukan pembelajaran dengan menggunakan shuttlecock; shuttlecock bekas; gulungan kertas atau benda lain yang sesuai.
e. Variasi gerak pukulan backhand
Ananda dapat melakukan gerak variasi passing bawah permainan bola voli dengan ditempat; bergerak maju satu langkah, atau kesamping kiri
f. Kombinasi gerak passing permainan bola voli
Ananda dapat melakukan gerak kombinasi antara gerak pukulan back hand dengan pergerakan kaki (footwork)
g. Contoh pembelajaran variasi dan kombinasi servis backhand dan pukulan backhand secara berkelompok
Pembelajaran variasi dan kombinasi servis backhand dan pukulan backhand secara berkelompok dapat Ananda lakukan jika kondisi daerah Ananda memungkinkan untuk melakukan pembelajaran berkelompok.
1) Amati gambar dengan seksama
2) Tanyakan jika terdapat hal-hal yang Ananda tidak pahami kepada Ayah/Ibu atau keluarga yang tinggal satu rumah, atau kepada Guru atau teman.
3) Dilakukan secara berkelompok dipisahkan net dengan urutan:
4) No. 1 melakukan servis backhand kearah no 4
5) No. 2 selesai servis berpindah kearah no 3
6) No. 3 menunggu untuk melakukan pukulan backhand
7) No. 4 melakukan pukulan backhand
8) No. 5 selesai melakukan pukulan backhand berpindah ke no 6
9) No. 6 menunggu untuk melakukan servis backhand
10) Lakukan latihan berkelompok ini dengan pengulangan beberapa kali, sampai kamu merasakan ada peningkatan keterampilan.
h. Contoh pembelajaran variasi dan kombinasi pukulan servis backhand, pukulan backhand dan pukulan forehand secara berkelompok.
Pembelajaran variasi dan kombinasi pukulan forehand dan backhand secara berkelompok dapat Ananda lakukan jika kondisi daerah Ananda memungkinkan untuk melakukan pembelajaran berpasangan.
1) Amati gambar dengan seksama
2) Tanyakan jika terdapat hal-hal yang Ananda tidak pahami kepada Ayah/Ibu atau keluarga yang tinggal satu rumah, atau kepada Guru atau teman.
3) Dilakukan secara berkelompok dipisahkan net dengan urutan:
4) No. 1 melakukan servis backhand kearah no 2
5) No. 2 melakukan pukulan backhand kearah no 3
6) No. 3 melakukan pukulan forehand kearah no 4
7) No. 4 melakukan pukulan forehand kearah no 1
8) No. 5 selesai melakukan pukulan backhand berpindah ke no 6
9) No. 6 menunggu untuk melakukan servis forehand
10) Lakukan latihan berkelompok ini dengan pengulangan beberapa kali, sampai kamu merasakan ada peningkatan keterampilan.
3. Penutup
Ananda menutup pembelajaran 6 pada modul 2 ini dengan aktivitas sebagai berikut:
a. Pendinginan
b. Berdoa
c. Bersyukur atas segala nikmat Tuhan